Tips dan Trick Bermain Bola Ala Andres Iniesta


Menjadi Pass Master Ala Andreas Iniesta

Salah satu gelandang serang terbaik di dunia, Andres Iniesta, berbagi tips tentang bagaimana caranya agar bisa merajai lapangan tengah dalam sebuah pertandingan sepak bola. 





Kepada "Four Four Two", sang pass master Barcelona kelahiran 11 Mei 1984 dan pencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010 itu mengungkapkan rahasia di balik permainannya. Apa sajakah itu? Menurutnya ada setidaknya enam cara mudah yang bisa diterapkan!!!!! Mari kita intip rahasianya

Berfikir Cepat
Sebelum menerima operan, saya langsung mencari rekan yang bisa saya beri bola agar aliran passing tim dapat terus mengali Namun, saya juga selalu waspada dengan keadaan sekitar. 

Jika merasa ruang kurang lega akibat pressing pemain-pemain lawan, maka satu sentuhan saja untuk menjauhkan bola dari mereka sudah cukup guna melanjutkan permainan Sebisa mungkin cari ruang kosong di lapangan untuk menerima operan. Semakin luas ruang yang ada, maka semakin banyak pula waktu yang bisa kita gunakan untuk berpikir.

Setelah menerima operan, sebaiknya hindari membawa bola ke arah lawan. Kalau saya pribadi lebih suka berlari ke pemain lawan dan menahan bola di depannya. Dengan begitu, saya bisa membuka peluang bagi rekan-rekan yang lain untuk naik menyerang.

Jaga Akurasi Operan
Setiap operan sangat vital operan yang buruk bisa berujung pada kehilangan possession dan membuat tim berada dalam tekanan

Operan-operan pendek bermanfaat untuk membangun momentum. Jika kita menguasai bola, lawan tak bisa berbuat apa-apa

Jangan sampai terlambat melepas killer pass. Jika mencari gol, buka mata lebar-lebar dan temukan celah di pertahanan lawan untuk mengirim bola ke sana. 

Jika mempertahankan keunggulan, jaga possession dan bermain aman. Di Barcelona, saya dan rekan-rekan sudah cukup lama bermain bersama dengan sistem yang semuanya telah sama-sama paham. Setiap orang sudah tahu ke mana harus bergerak. Itu membuat tugas saya jadi lebih mudah, karena saya hampir selalu tahu di mana posisi Xavi atau Lionel Messi 

Lihat Lapangan Dari Atas
Ketahui posisi setiap rekan maupun lawan (ibarat melihat wilayah permainan dari atas). Dengan begitu, kita bisa mengumpulkan informasi-informasi penting. Misalnya: Ke mana rekan kita akan berlari? Apakah dia akan offside atau tidak? Siapa yang punya ruang untuk bergerak bebas? Siapa saja yang siap menerima operan? Operan seperti apa yang mereka inginkan, tepat mengarah ke kaki ataukah through pass untuk dikejar?Lebih penting lagi, ambil keputusan sebelum menerima bola

Jika mulai berpikir apa yang bakal dilakukan ketika bola sudah di kaki, maka possession bisa hilang. Pemain terbaik adalah pemain yang berpikirnya paling cepat
Siapa saja bisa menjadi pengoper terbaik di dunia, tapi itu takkan terjadi jika rekan-rekannya tidak berada di posisi yang tepat.

Kelabui Lawan/Musuh
Buatlah lawan berpikir bahwa kita akan bergerak ke satu arah tertentu, lalu bergeraklah ke arah sebaliknya Ciptakan kebingungan di kepala mereka

Jika bola dikuasai pemain lawan, segera tutup ruang geraknya. Pressing sebisa mungkin hingga dia tak punya waktu untuk berpikir apa yang harus dia lakukan dengan bola di kakinya.

Size Doesn't Matter 
Jangan takut menghadapi pemain lawan yang postur badannya lebih besar, dalam kondisi seperti itu, saya biasanya memainkan bola-bola mendatar. Operan one-two yang cepat juga bisa jadi salah satu cara paling efektif karena pemain-pemain besar umumnya tidak punya reaksi kilat dan sering kesulitan berputar arah.Saya juga menghindari body contact dengan pemain-pemain seperti itu Adu power jelas kalah

Jika berkali-kali dikecoh dengan one-two, mereka biasanya hilang kesabaran dan jadi terburu-buru melakukan tekel. Namun, tekel sembrono gampang dihindari dan kita pun bisa mendapat lebih banyak ruang untuk bergerak

Barca adalah tim yang mayoritas pemainnya berpostur kecil seperti saya. Kalah power, kami unggul kecepatan, dan kami sanggup memanfaatkan keunggulan itu secara maksimal.

Kalau Ada Celah, Lepaslah Tembakan 

Saya bukan tipikal seorang pencetak gol layaknya striker. Namun, jika ada peluang untuk menembak, saya akan menembak, Saya menembak saat saya merasa tembakan itu bisa menjadi gol. Targetnya adalah bagian mulut gawang yang paling sulit bagi para kiper

Itulah yang saya lakukan di final Piala Dunia 2010 juga ketika melawan Chelsea (semifinal Liga Champions 2009). Saya menembak karena saya melihat jalur bola di tengah kerumunan pemain pemain lawan

Dengan banyaknya pemain di depan kita, memang sulit untuk melepas tembakan, tapi kiper lawan juga merasakan hal yang sama karena tak bisa melihat, dia jadi susah menebak kapan bola melesat ke gawangnya

Namun, jika ada rekan di posisi lebih baik, saya memilih mengoper bola.
Intinya, setiap saat kita perlu mengetahui siapa saja yang ada di sekitar kita sekaligus posisi pasti mereka. (Sumber : Bola.net).

-Demikianlah Cara bermain bola Andres Iniesta yang telah dibocorkan saat koverensi Pers pada media Four Four Two.

-dan saya pribadi pun sudah mencoba mempraktekanya artikel ini dirumah, hasilnya pun sangat cukup memuaskan meskipun gk jago' amat wkwkwkwkkkk :v

-sangat recomended juga bagi yang baru pertama kali belajar sepak bola sebagai landasan untuk menjadi pesepak bola propesional

Selamat Mecoba ^_^ 



saya sangat senang sekali jika anda klik share dan like agar teman-teman yang lain bisa mengetahui informasi ini ,,,,


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk " Tips dan Trick Bermain Bola Ala Andres Iniesta"

  1. Tapi kira-kira bakalan berapa lama yaa untuk menguasai itu semua??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari kitanya, klo setiap hari latihan dan menerapkan artikel diatas InsyaAllah 1-2 bulan akan mulai terbiasa dan memahaminya.

      Delete
  2. Wah intinya orang yg telmi spt saya kurang cocok jadi gelandang serang spt iniesta yah :D

    ReplyDelete